Harga daging kambing terbaru Tahun ini di Bekasi

Harga daging kambing dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti ketersediaan produk dan permintaan daging di pasar. Namun, terdapat beragam jenis kambing dengan harga daging di atas rata-rata, sehingga menjamin kualitas daging internasional.
Kambing pedaging merupakan hewan yang fokus pada produksi daging. Mulai dari pembibitan, perluasan dan prosedur pemasaran dilakukan dengan pengawasan ketat untuk menjamin kualitas tinggi. Beberapa kambing pedaging yang terkenal antara lain kambing Boer dan kambing Kacang.
Khususnya khusus untuk Kambing Boer Mereka dianggap sebagai produsen daging papan atas. Kambing boer memiliki tubuh yang kekar dengan daging yang ramping dan berserat. Kualitas kambing Boer yang tinggi sebagai daging premium sudah dikenal luas di seluruh dunia.
Selain ketersediaan dan permintaan daging di pasaran, daging kambing jenis tertentu dapat dibeli dengan harga yang berbeda-beda. GB Farm menjual daging kambing dan produk olahan ternak setelah melalui proses quality control (QC) yang ketat.

Update Harga Kambing Terbaru Tahun Ini

Kesegaran daging kambing sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi harian masyarakat. Pasalnya, dalam 100 gram daging kambing (berbagai jenis pada umumnya) mengandung sekitar enam belas gram protein dan 142 kalori. Ini juga mengandung 20g lemak, 11 mg kalsium, 1 mg zat besi, dan berbagai vitamin seperti vitamin B.
Sebagai daging domba segar, daging kambing dapat diolah menjadi berbagai macam makanan lezat dan bergizi. Kita semua tahu bahwa ada tiga jenis daging yang umum dikenal, antara lain daging sapi, ayam, dan domba/kambing.
Bisa dibayangkan olahan masakan seperti sate kambing, gulai kambing, dan nasi goreng kambing. Krengsengan, kepala kambing rica dan sop ekor kambing tengkleng kambing, dan masih banyak lagi. Sekadar menyebut kata, makanan olahan ini sudah menggugah keinginan untuk langsung menyantapnya.
Mewaspadai perubahan harga daging kambing terkini bermanfaat bagi konsumen dan juga produsen. Bagi konsumen, diharapkan dapat membeli daging jenis ini dengan harga yang wajar dan terjangkau. Bagi produsen daging, hal ini dapat bermanfaat dalam menentukan harga jual untuk memperoleh keuntungan materi.
Ternyata tempat penjualan daging kambing juga mempengaruhi harga, namun tidak sebesar perbedaan ketersediaan, jenis, dan permintaan pasar jenis kambing. Berdasarkan data Info Pangan (https://infopangan.jakarta.go.id/publik/dashboard/26), rata-rata harga daging kambing 1kg adalah Rp 146.200.
Harga paling murah Rp 90.000 per kilogram dan harga termahal bisa didapatkan Rp 160.000 untuk satu kilogram. Tentu saja, biayanya bergantung pada jenis daging yang Anda beli. Semakin baik kualitas dan kuantitas daging maka semakin mahal pula biayanya.

Update Harga Daging Kambing Jenis Tertentu

Memahami berbagai jenis daging kambing dapat memberikan manfaat lebih dalam menentukan harga daging tertentu. Di negara lain, kambing tidak hanya diolah saat sudah tua, namun ada pula yang memanfaatkan dagingnya saat masih muda.
Salah satu contohnya adalah kambing Nubia (Anglo Nubian), meskipun disebut sebagai kambing perah karena kualitas susunya yang unggul. Namun daging kambing Nubia merupakan pilihan yang sangat populer, terutama untuk daging yang masih muda.
Variasi budaya antara Indonesia dengan negara lain membuat jenis kambing pedaging yang mendapat predikat paling bergengsi didasarkan pada berbagai faktor. Beberapa contoh kambing pedaging yang terkenal antara lain kambing Boer, Savanna, Myotonic, Kiko, Spanish (Hispaniolan), Katahdin dan Nubian.
Di Indonesia (dalam negeri) Jenis kambing pedaging yang paling terkenal adalah kambing peranakan Etawa (PE), Kacang, Benggala, Jawarandu dan Boer. Fokus orang asing adalah daging berkualitas tinggi, tidak peduli seberapa mahal harganya.
Namun, mayoritas masyarakat Indonesia lebih fokus pada harga, terlepas apakah daging tersebut berkualitas baik atau tidak. Inilah perbedaan utama antara harga daging kambing luar negeri dan dalam negeri.
1. Daging Kambing Peranakan Etawa (PE) Rp 150.000 per Kilogram
Merupakan kambing peranakan Etawa (PE) yang merupakan salah satu jenis kambing lokal yang paling sering dimanfaatkan untuk menghasilkan susu. Namun bukan hal yang aneh untuk menemukan daging hewan PE disukai karena lebih kaya nutrisi. Rata-rata harga daging PE per kilogram adalah Rp 150.000.
Biayanya lebih tinggi jika Anda memilih bagian tertentu, seperti paha belakang tanpa tulang. Harganya juga lebih murah untuk bagian-bagian tertentu seperti kaki jeroan, kepala, atau karkas. Jika melihat-lihat pasar, cukup sulit menemukan daging kambing PE karena fokus utama hewan tersebut adalah susunya (dairy).
2. Daging Kambing Kacang Rp 125.000 per Kilogram
Berikutnya adalah kambing Kacang yang terkenal di Indonesia sebagai penghasil daging murah. Di pasaran harga daging cukup tinggi.
Harga daging jenis ini adalah Rp. 125.000 untuk akilogram (daging utuh utuh).
Biaya yang lebih rendah bisa didapat jika Anda memilih bagian yang dekat dengan tulang (bukan daging utuh). Menemukan penjual daging kambing terdekat sangatlah mudah karena kambing Kacang memproduksi sate dan gule olahan, serta makanan berbahan dasar kambing.
3. Daging Kambing Bengal Rp 140.000 per Kilogram
Kambing Bengal memiliki tubuh yang lebih besar dan tegak dibandingkan dengan kambing Kacang. Mereka juga laris manis sebagai produsen daging bereputasi di Indonesia. Harga daging segar asal Benggala Rp 140.000 per kilogram. Tipe Bengal harganya Rp 140.000 untuk satu kilogram.
Untuk kaki dan kepala yang bersih, untuk kaki bersih harganya Rp 90000 untuk satu kilogramnya. Komponen kambing yang paling murah adalah jeroan yang bersih dengan harga sekitar Rp 60.000 per kilogram. Bagian paling berharga dari daging utuh adalah paha belakang, namun harganya lebih mahal jika tidak ada tulangnya.
4. Daging Kambing Jawarandu Rp 110.000 per Kilogram
Jenis kambing terpopuler kedua yaitu Jawarandu berbahan dasar daging hasil persilangan kambing Etawa dan Jawa (Kacang). Posisi tubuhnya lebih menonjol dan lebih maskulin dibandingkan Kacang Tanah biasa, yang berarti mengandung banyak daging.
Harga daging kambing Jawarandu Rp 110.000 per kilo. Perhatikan harga ini, itu untuk daging yang tidak bersih dan ada tulangnya. Selain itu, harga daging utuh tanpa tulang bisa mencapai Rp 140.000 untuk satu kilogramnya.
5. Daging Kambing Boer Rp 160.000 per Kilogram
Kambing Boer terkenal dengan produksi dagingnya di seluruh dunia. Mereka adalah produk Afrika Selatan dan kemudian berhasil dibesarkan di berbagai negara termasuk Australia. Peternakan modern Australia menyediakan kambing Boer darah lengkap, yang garis keturunannya terjamin, yang berarti biayanya bisa mencapai 30 juta dolar per ekor.
Untuk harga daging Boer per kilogramnya, Anda sudah tahu apakah itu Boer berdarah murni, Boer F1, atau persilangan lainnya. Semakin murni kambing Boer maka semakin mahal pula biayanya (namun Boer fullblood jarang dimanfaatkan untuk diambil dagingnya karena fokus pada peternak yang kualitasnya unggul).
Harga daging Boer mulai dari Rp 160.000 untuk satu kilogram ras F1. Jika Anda mencari daging kambing yang sudah disembelih, harganya bisa lebih dari Rp 200.000 per kilogram.
#dagingkambing #dagingkambingsurabaya #dagingkambingmurah #dagingkambingpremium #dagingdomba #hargadagingkambing #hargadagingdomba #hargadagingkambingsurabaya #jualdagingkambing #jualdagingkambingsurabaya